Translate

Sabtu, 12 November 2011

peta Sumedang

Peta Sumedang

Bingung, karena anda belum  berkunjung ke Sumedang, jangan khawatir, pasti mudah, disini saya sertakan peta sumedang (klik disini), dijamin anda tidak akan tersesat.
jangan lupa sumedang kota kecil campernik ini, banyak tempat wisatanya baik wisata alam , kuliner dan lainnya, kunjungi tempat yang sayang kalau dilewatkan diantaranya :

Alun-alun Kabupaten Sumedang
Salah satu ciri kekhasanya adalah terdapat lingga yang letaknya tak jauh dari komplek perkantoran pemda kabupaten sumedang dan dikelilingi oleh mesjid agung, gedung DPR, kejaksaan dan lapas. Di dalamnya terdapat pepohonan yang rindang sehingga sering digunakan sebagai arena bermain dan jogging track.
Mesjid Agung Sumedang
Merupakan tempat peribadatan terbesar bagi umat Islam di kabupaten Sumedang. Mesjid tersebut sudah lama dibangun, terdapat di depan alun-alun Sumedang dekat dengan komplek pemerintahan. Bentuk dan arsitekturnya masih dipertahankan seperti dahulu ketika pertama kali dibangun.
Monumen Lingga.
Monumen ini merupakan icon kota Sumedang. Terletak tepat di pusat kota sumedang dalam rangka memperingati figure yang sangat penting dalam sejarah sumedang yaitu Pangeran Soeriatmaja.
Dibangun pada tanggal 25 april 1992 untuk memperingati periode yang penting dari tahun 1882 s/d 1919.
Museum Prabu Geusan Ulun.
Musium ini terletak di komplek bangunan pemerintahan kira-kira sebelah selatan alun-alun Sumedang dan merupakan sebuah musium keluarga yang dibangun pada tahun 1973. Benda-benda bekas peninggalan raja-raja di zaman kerajaan Sumedang Larang disimpan di musium ini.
Makam Dayeuh Luhur.
Terletak di kecamatan Sumedang utara sekitar 17 Km dari pusatkota Sumedang. Daya tatik yang ada di tempay ini adalah makam prabu Geusan Ulun beserta istrinya yang bernama Harisbaya serta makam kyai Damang Cipaku.
Makam Cut Nyak Dien
Makam ini berada di atas bukit kecil dekat kantor pemerintahan sumedang yang berlokasi di gunung puyuk kecamatan sumedang selatan. Doceritakan bahwa cut nyak dien diasingkan dari Aceh oleh pemerintah kolonial Belanda ke Sumedang hingga beliau meninggal dunia. Cut nyak dien adalah salah seorang pahlawan nasional wanita Indonesia.
Makam Pasarean Gede
Kangjen pangeran Santri (Pangeran koesoemahdinata I) seorang tooh pejuang agama Islam di wilayah Sumedang Larang tahun 1530 yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Ratu Dewi Inten Dewata dengan gelar Ratu Pucuk Umum. Pangeran Santri meninggal pada 2 Oktober 1579 dan dimakamkan berdampingan dengan istrinya di gunung Ciung pasarean gede yang letaknya kurang lebih 1 Km dari pusat kota Sumedang.
Makam Gunung Lingga
Terletak di desa Cimaraga, kecamatan Darmaraja, sekitar 20 Km dari pusat kota Sumedang. Memiliki daya tarik panorama alam yang sangat indah dengan bentangan alam yang unik dan khas.
Makam Marongge
Marongge adalah semuah makam dimana embah Gebug dan semua saudaranya menghilang (tilem).
Wisata Alam Cipanas Sekarwangi
Terletak 19 Km arah utara kota Sumedang, di kaki gunung Tampomas, desa Sekar wangi, kabupaten Buah dua dan bisa ditembuh dengan semua jenis transportasi baik pribadi maupun umum. Di tempat ini terdapat sumber mata air panas, dan fasilitas lain seperti penginapan, dll.
Wisata Alam Cipanas Cilengsing
Terletak tidak terlalu jauh dari Cipanas Sekarwangi. Terletak di desa Cilangkap, kecamatan Buah dua, sekitar 15 Km dari pusat kota Sumedang. Sumber mata air panasnya mengandung belerag yang cukup tinggi, sehingga serig digunakan sebagai media pengobatan.
Wisata Alam Cadas Pangeran
Sekitar 8 Km ke arah barat kota sumedang (jalan raya ke arah Bandung) terdapat lembah curam. Tempat yang bersejarah ini dinamakan Cadas Pangeran untuk mengenang jasa dan keberanian Pangeran Kornel, seorang raja yang memerintah pada saat itu. Beliau menentang pemerintahan kolonial Belanda yang saat itu dibawah kepemimpinan Jendral HW. Daendles.
Perhatikanlah cara mereka bersalaman dalam suasana siaga..
Wisata Alam Curug Sindulang
Terletak di desa Sindulang, kecamatan Cimanggung. Tempat rekreasi ini memiliki 2 buah air terjun dengan ketinggian sekita 50 meter. Curug Sindulang memiliki panorama alam yang indah terutama di perjalanan menuju ke lokasi.
Apabila perjalanan diteruskan, kita akan menjumpai tempat wisata buru Gunung Kareumbi. Sayangnya lokasi ini sudah sangat tidak terawat.
Lapangan Golf Giri Gahana
Sebuah lapangan golf bertaraf internasional yang berlokasi di desa Cibeusi, kecamatan Jatinangor, dan hanya berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Bandung.
Wisata Alam Gunung Kunci
Merupakan tempat rekreasi dengan pemandangan alam yang indah,    terletak sekitar 200 meter dari alun-alun Sumedang. Di sini terdapat gua yang dibangun pada masa penjajahan Belanda dan digunakan sebagai benteng pertahanan / perlindungan untuk mengepung masyarakat sumedang.
Bumi Perkemahan Kiara Payung
Tempat ini adalah salah satu lokasi yang digunakan dalam kegiatan jambore pramuka nasional dan dikelola oleh Pemda Jawa - Barat. Terletak di Kecamatan Jatinangor, kabupaten Sumedang.
Wisata Alam Copanteuneun
Sebuah kolam alam yang menarik dengan luas sekitar 1 Ha. Terletak di kaki gunung Tampomas di sebelah utara kecamatan Cimalaka, hanya 5 Km dari pusat kota Sumedang.
Kawasan Wisata Kampung Toga
kampung toga adalah singkatan dari kampung tanaman obat-obatan. Terletak 3 Km dari alun-alun Sumedang, merupakan objek wisata keluarga dengan lingkungan pegunungan yang indah dan nyaman, Cocok untuk pertemuan dan pesta.
Bentangan alam dengan ketinggian yang berbeda menjadikan kawasan ini memiliki wisata yang beraneka ragam. diantaranya di tempat ini tersedia fasilitas paraglaiding, gantole, Arung jeram, hiking, jogging, off-road, game war (paint ball / airsoft gun), horse riding, dll.
  dan jangan lupa bawabuah tangan khas Sumedang
Tahu Sumedang.
Makanan ini adalah makanan khusus khas kota Sumedang yang terbuat dari hasil olahan kacang kedelai. Hampir semua warung makan di Sumedang menyediakan panganan khas ini, bahkan pedagang asongan yang ada di bus-bus maupun persimpangan jalan juga tidak sedikit yang menjajakanya.
Ubi Cilembu.
Ubi ini sangat manis dan pulen, berbeda dengan ubu kebanyakan. Panganan ini banyak terdapat di sekitar kecamatan Tanjungsari, atau apabila anda datang dari arah Bandung, lokasinya antara Jatinangor dan Cadas Pangeran. Cara penyajian ubi ini berbeda dengan ubi lain yaitu dengan dimasak menggunakan oven.
Salak Bongkok.
Buah salak ini banyak terdapat di desa Bongkok kecamatan Congeang dan memiliki ciri dan rasa yang khas. Hampir seluruh masyarakat di desa ini menanamnya.
Sawo Citali.
Buah ini banyak terdapat di desa sukatali kecamatan Situraja. Sawo citali uga memiliki kekhasan baik dari rasa, warna dan bentuknya jika dibandingkan dengan buah serupa yang lain.
Sale Pisang.
Merupakan pangan hasil olahan dari buah Pisang. Rasanya manis dan legit serta sedikit renyah karena dilapisi tepung di luarnya.
sumber = http://www.indotravelers.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar